Ibadah dan Syukur yang Menjadikan Allah Segera Menghampiri

Ibadah dan Syukur yang Menjadikan Allah Segera Menghampiri

 

 

Ibadah adalah suatu bentuk pengabdian seorang hamba kepada sang pencipta, sehingga barometer kepatuhan seorang hamba kepada sang pencipta adalah sejauh mana dia melaksanakan ibadah-ibadah yang diwajibkan oleh Allah ta’ala.

 

Semakin sempurna ibadah wajib yang ditunaikan maka semakin tinggi derajat seorang hamba di sisi Allah, dan semakin banyak amalan sunnah yang dilakukan seorang hamba maka itu menjadi sebuah taqarrub yang menimbulkan kecintaan Allah kepadanya.

 

Rasul Bersabda:

 

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – قَالَ قَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – « يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى …. ، وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِى ، فَإِنْ ذَكَرَنِى فِى نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِى نَفْسِى ، وَإِنْ ذَكَرَنِى فِى مَلأٍ ذَكَرْتُهُ فِى مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ ، وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ بِشِبْرٍ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا ، وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا ، وَإِنْ أَتَانِى يَمْشِى أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً »

 

Dari Abu Hurairah –radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: ……. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat). Jika ia mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, Aku mendekat kepadanya sedepa. Jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan (biasa), maka Aku mendatanginya dengan berjalan cepat.” (HR. Bukhari no. 6970 dan Muslim no. 2675).
Dalam software ensiklopedifiqih.com telah dijelaskan seluruh ibadah yang diwajibkan kepada seorang hamba beserta amalan-amalan sunnah yang valid sehingga beribadah lebih aman untuk mendapatkan jaminan pahala dari Allah Ta’ala.

 

Seorang hamba yang menunaikan ibadah terutama yang wajib, dia menyadari bahwa ibadah bukan sekedar melepaskan kewajiban namun kosong dari ketulusan dalam pengabdian, sebagaimana yang pernah didengar di tengah masyarakat, bahwa seorang hamba melaksanakan ibadah wajib untuk membayar hutang kepada Allah, subhanallah…

 

Seharusnya ibadah yang dikerjakan selain wujud ketaatan kepada Allah, juga sebagai rasa syukur atas nikmat dan karunia yang Allah berikan kepadanya. BAYANGKAN jika seorang hamba harus MEMBELI OKSIGEN setiap hari?. Perhatikan harga oksigen berikut:

 

Harga Tabung Oksigen Di Pasaran

 

Harga tabung oksigen yang ada dipasaran cukup berfariasi. Contoh, harga tabung oksigen 1 m3 seharga Rp. 850.000,00 rupiah.

 

 

tabung-oksigen1 Menit manusia bernafas membutuhkan 7 – 8 liter udara. (ambil nilai 8 liter saja)

1 Liter udara mengandung 78% nitrogen, 20% oksigen, 1% argon, 1% lain-lain

Dari 20% oksigen yang dihirup, 15% dihembuskan dan hanya 5% yang benar-benar dibutuhkan.

 

Harga oksigen permeter kubik Rp. 850.000,00. 1 m3 = 1000 liter.

Maka harga perliter oksigen adalah Rp. 850,00 rupiah.

 

JIKA DIHITUNG TIAP MENITNYA.

 

Dalam 1 menit, membutuhkan 8 liter udara.

Oksigen yang dihirup = 20% x 8 liter = 1,6 liter

Oksigen yang diserap = 5% x 8 liter = 0,4 liter

Harga = 0,4 x Rp. 850 = Rp. 340,00 / menit

 

JIKA DIHITUNG TIAP TARIKAN NAFAS

 

Harga = Rp. 340,00 : 8 = Rp. 42,50 rupiah.

Nilai ini terlihat sangat kecil. Namun mari kita perhatikan nilai-nilai berikut.

 

JIKA DIHITUNG TIAP JAMNYA.

 

Harga oksigen / menit = Rp. 340,00

Harga = Rp. 340 x 60 = Rp. 20.400,00 / jam (24 liter oksigen per jam)

 

JIKA DIHITUNG PERHARI.

 

Harga = Rp. 20.400 x 24 = Rp. 489.600,00 / hari (576 liter oksigen per hari)

 

Sekitar Rp. 500.000 ribu rupiah yang harus kita keluarkan tiap harinya.

 

1 MINGGU

 

Harga = Rp. 489.600 x 7 = Rp. 3.427.200,00 / minggu

 

1 BULAN

 

Harga = Rp. 489.600 x 30 = Rp. 14.688.000,00 / bulan

 

 

1 TAHUN

Harga = Rp. 489.600 x 365 hari = Rp. 178.704.000,00 / tahun

 

 

Berarti harus mendapatkan penghasilan minimal 14,5 juta tiap bulannya untuk menikmati oksigen dalam tabung. Alhamdulillah semua ini tidak terjadi, karena Allah telah memberikan OKSIGEN GRATIS pada setiap makhluknya. Kita hanya perlu bersyukur pada-Nya dan sebagai wujud syukur itu, mari kita gunakan untuk menjalankan apa yang diperintahkanNya serta menjauhi segara laranganNya.

 

Software ensiklopedifiqih.com memberikan kemudahan akses digital, tidak ada alasan untuk kita enggan dalam meningkatkan ilmu, ibadah saja tanpa ilmu dan tuntunan Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tentu sia-sia belaka.

 

Yuk terus belajar, dan kami bantu apa yang bisa kami berikan.

Jangan lupa share artikel ini, semoga Allah memberikan kemudahan ilmu bagi yang menyebarkannya.

 

 

Ditulis Oleh

Muhamad Taufiq,Lc

Pendiri

Software Ensiklopedi Fiqih

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami
👋 Assalamu 'alaikum, Ada yang bisa Kami bantu?