Istri yang Mencuri dari Suaminya

 

Mencuri adalah sebuah tindakan yang diharamkan dalam Islam, meskipun tujuannya untuk kebaikan.

 

“Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah kedua tangannya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Allah Maha Perkasa dan Maha Bijaksana.” (QS. Al-Maidah: 38).

 

Namun bagaimana jika pada kasus dimana seorang istri yang terpaksa mencuri uang suaminya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sedangkan sang suami abai akan hal itu?

 

Abu Sufyan adalah salah seorang sahabat Rasulullah yang cukup berada, tetapi dikisahkan beliau kurang memenuhi hak istri dan anak-anaknya.

 

Sampai Hindun, istri Abu Sufyan mengadukan hal ini kepada Rasulullah seraya berkata, “Sungguh Abu Sufyan adalah orang yang kikir. Ia tidak memberiku nafkah yang mencukupi bagiku dan anaknya, sehingga terpaksa aku mengambil hartanya tanpa sepengetahuannya.” Mendengar hal itu Rasulullah menanggapi, “Ambillah sebanyak yang mencukupi dirimu dan anakmu dengan wajar.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

 

Namun hal ini tidak serta-merta menjadikan mencuri uang suami diperbolehkan karena untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

 

Hal yang semacam ini perlu ditinjau ulang dari berbagai sisi. Termasuk dari sisi ekonomi sang suami, dan apa alasan sang suami tidak memberikan nafkah kepada istrinya.

 

Dalam kasus di atas, Abu Sufyan bukanlah termasuk orang yang pelit terhadap keluarganya. Namun dirinya adalah seorang pemimpin bagi kaumnya, yang seringkali disibukkan dengan urusan-urusan penting sehingga tidak sempat memperhatikan kebutuhan keluarganya.

 

Wallahu a’lam.

 

==================

 

Sudah Punya Software Ensiklopedi Fiqih Belum?

>> Ensiklopedifiqih.com

 

Yuk Dukung Program Wakafnya Menjadi Sponsor dan Donatur.

>> Ensiklopedifiqih.com/CD-Gratis

 

Join Channel Telegram:

https://t.me/majelisensiklopedifiqih

 

 

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami
👋 Assalamu 'alaikum, Ada yang bisa Kami bantu?