Kapankah Membaca Al-Qur’an Dihukumi Haram?

 

Membaca al-Qur’an adalah salah satu amalan yang mulia. Bahkan pahala membacanya dihitung per huruf, bukan per kata atau per ayat.

 

Akan tetapi ada saat dimana amalan yang mulia ini menjadi diharamkan.

 

Yaitu ketika seseorang membaca al-Qur’an dengan mengeraskan suaranya, padahal pada saat itu ada orang yang sedang melaksanakan sholat,

 

sehingga orang yang sedang sholat tersebut merasa terganggu dengan bacaan yang dikeraskan tersebut.

 

Ibnu Taimiyyah pernah ditanya tentang hal ini. Beliau mengatakan,

 

“Tidak boleh bagi seseorang mengeraskan bacaan al-Qur’annya baik itu di dalam shalatnya ataupun di luar shalatnya apabila terdapat orang selain dirinya yang sedang melaksanakan shalat di masjid merasa terganggu dengan bacaan al-Qur’an yang dikeraskannya.”

 

Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menegur orang yang ketika itu shalat dengan mengeraskan bacaannya di Bulan Ramadhan. Beliau mengatakan,

 

“Wahai manusia sekalian,  sesungguhnya seluruh kalian sedang bermunajat kepada Robb nya, maka janganlah sebagian kalian mengeraskan bacaannya atas sebagian yang lain.” (Majmu’ Fatawa, Abul Abbas Taqiyuddin Ahmad bin Abdus Salam bin Abdullah bin Taimiyah al Harrani, 13/ 64)

 

Syaikh Abdullah Aqil yang juga termasuk salah satu ulama kontemporer dari Saudi menjelaskan,

 

“Para ahli fiqih – semoga Allah merahmati mereka – menjelaskan, sesungguhnya diharamkan mengeraskan bacaan karena mengganggu orang-orang yang sedang shalat, apabila bacaan tersebut benar-benar mengganggu dan membingungkan mereka.

 

Tetapi bila tidak mengganggu maka hukumnya makruh. Sedangkan apabila benar-benar mengganggu maka hukumnya haram.” (Fatawa Syaikh Abdullah bin Aqil, Abdullah bin Abdil Aziz bin Aqil bin Abdillah bin Abdil Karim Al Aqil, 2/ 150).

 

==================

 

Sudah Punya Software Ensiklopedi Fiqih Belum?

>> Ensiklopedifiqih.com

 

Yuk Dukung Program Wakafnya Menjadi Sponsor dan Donatur.

>> Ensiklopedifiqih.com/CD-Gratis

 

Join Channel Telegram:

https://t.me/majelisensiklopedifiqih

 

 

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami
👋 Assalamu 'alaikum, Ada yang bisa Kami bantu?