Imam Malik bin Anas – Rahimahullah-

SIKAP ULAMA IMAM 4 MAZHAB

Imam Malik bin Anas – Rahimahullah –

[space]

Beberapa riwayat dari beliau tentang hal ini:

“Aku adalah manusia biasa yang kadang benar kadang juga salah. Maka telitilah setiap pendapat yang kalian dengar dariku. Jika sesuai dengan Al-Qur`an dan As-Sunnah maka ambillah. Jika tidak sesuai, tinggalkan pendapatku”.

“Tidak ada perkataan seorangpun setelah Nabi kecuali terkadang diambil dan terkadang ditinggalkan kecuali Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam”.

Ibnu Wahab berkata:

“aku mendengar seseorang bertanya kepada Malik tentang menyela-nyela kedua jari kaki saat berwudhu. Kemudian ia menjawab: “Itu tidak disunnahkan”. Dia kembali berkata: “saat aku meninggalkannya (menyela-nyela jari) orang-orangpun menganggap enteng hal itu dalam wudhunya”. Kemudian aku berkata kepada Malik: “menyela-nyela jari bagiku sunnah”. Dia bertanya: “apa dalilnya?”. Akupun menjawabnya: “Al-laits bin Sa’ad, Ibnu Luhai’ah dan Amr bin Al-Harits meriwayatkan kepada kami dari Yazid bin Amr Al-Mu’afirii dari Abdurrahman Al-Hablii dari Al-Mustaurad bin Syaddaad Al-Qurasy dia berkata: “Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyela-nyela jari-jari kakinya dengan jemari tangan saat berwudhu”. Malikpun berkata: “Hadits ini adalah hadits hasan. Sebelumnya aku belum mendengarnya sama sekali kecuali saat ini”. Setelah kejadian itu aku mendengar bahwa setiap kali ditanya, dia menyuruh untuk menyela-nyela jari”.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami
👋 Assalamu 'alaikum, Ada yang bisa Kami bantu?